Apa itu Pengertian Budaya Apa itu Pengertian Budaya | Zona Informasi

Apa itu Pengertian Budaya

Apa itu Pengertian Budaya, Indonesia adalah negara yang dipenuhi dengan budaya yang sangat banyak dan beraneka ragam, keberagaman budaya tersebut tidak membuat Indonesia menjadi terpecah belah, karena Indonesia memiliki semboyan "Bhineka Tunggal Ika" yang artinya berbeda- beda tetapi tetap satu. Jadi walaupun berbeda budaya kita tetap satu Nusa dan satu Bangsa.

Pengertian Budaya adalah
img:google

Apa itu Pengertian Budaya

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. [Wikipedia]

Sedangkan menurut para ahli Budaya adalah:

1. Menurut Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski
Kebudayaan merupakan segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.

2. Menurut Edward Burnett Tylor
Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

3. Menurut Andreas Eppink
Kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

4. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi
Kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Dari beberapa pengertian budaya diatas dapat kita simpulkan bahwa Budaya adalah Segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat tertentu, sehingga menjadi kebiasaan secara terus menerus dari generasi ke generasi masyarakat tersebut.

Adapun beberapa komponen atau unsur kebudayaan, antara lain sebagai berikut:

  • Sistem bahasa
  • Sistem peralatan hidup dan teknologi
  • Sistem ekonomi dan mata pencaharian hidup
  • Sistem kemasyarakatan dan organisasi sosial
  • Ilmu pengetahuan
  • Sistem Kesenian
  • Sistem kepercayaan, atau agama
Itulah Pengertian mengenai Budaya dari berbagai sumber yang saya kemas menjadi sedemikian rupa, Semoga artikel ini mudah dipahami, bermanfaat dan dapat menjadi referensi teman- teman semua.
(arf)

0 Response to "Apa itu Pengertian Budaya"

Post a Comment

Apabila Informasi yang saya sampaikan terdapat kesalahan saya mohon maaf, dan alangkah baiknya jika di sampaikan melalui Komentar dibawah ini. Secepat mungkin akan saya perbaiki :D
"Tak ada mahluk Tuhan yang Sempurna"