Buat PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) mu Sekarang juga Buat PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) mu Sekarang juga | Zona Informasi

Buat PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) mu Sekarang juga

Buat PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) mu Sekarang juga- Tahun 2015 ini, banyak sekali mode atau gaya hidup yang baru di sekeliling mahasiswa, tak terkecuali mahasiswa UMS. Baik dari bidang pakaian, teknologi, makanan, pendidikan dan sebagainya. Namun, apakah gaya hidup dalam bidang pendidikan juga mempengaruhi mahasiswa?

img:google

Apa itu PKM (Program Kreativitas Mahasiswa)

Siapa sih yang tidak tahu PKM? Apa masih ada yang tidak tahu PKM? PKM adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.

Saat ini, PKM memiliki 7 bidang kegiatan dan tiap bidang kegiatan memiliki inti kegiatan tersendiri. PKM-Penelitian (PKM-P) memiliki inti kegiatan yang berisi tentang karya kreatif dan inovatif dalam penelitian. PKM-Kewirausahaan (PKM-K) memiliki inti kegiatan yang berisi tentang karya kreatif dan inovatif dalam membuka peluang usaha bagi mahasiswa. PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) memiliki inti kegiatan yang berisi tentang karya kreatif dan inovatif dalam membantu masyarakat. PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T) memiliki inti kegiatan yang berisi tentang karya kreatif dan inovatif dalam menciptakan karya teknologi. PKM-Karsa Cipta (PKM-KC) memiliki inti kegiatan yang berisi tentang karya kreatif dan inovatif dalam IPTEKS. PKM-Artikel Ilmiah(PKM-AI) memiliki inti kegiatan yang berisi tentang karya kreatif dalam penulisan artikel ilmiah dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT) memiliki inti kegiatan yang berisi tentang karya tulis dalam penuangan gagasan/ ide kreatif.

Di samping itu, mahasiswa juga memiliki pandangan positif dan negatif pada saat mengikuti kegiatan PKM tersebut. Sisi positifnya yaitu mahasiswa dapat belajar mengatur waktu, mengatur anggota kelompok supaya tetap kompak, bisa lebih dekat dengan dosen, mengetahui cara menulis PKM, dapa mengembangkan ide-ide/gagasan yang dimiliki, serta menambah ilmu. Namun, sisi negatifnya adalah waktu istirahat dan waktu untuk bersantai menjadi berkurang, lebih sibuk, serta terkadang mengurangi waktu tidur.

Buat PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) mu Sekarang juga

Salah satu mahasiswa UMS tahun pertama yang lolos PKM DIKTI adalah Danastri Ratna Nursinta Dewi-jurusan teknik kimia 2014. Dia beserta kelompoknya membuat PKM-P dengan judul “ADWAX (Adas Wax) sebagai edible coating yang bersifat antimikroba dan antioksidan pada buah apel” yang akhirnya dapat membawa mereka lolos dan didanai oleh DIKTI. Pada awalnya, Sinta dan teman-temannya pun tidak mengetahui apa itu PKM pada saat baru masuk ke UMS. Namun setelah ada sosialisasi dari dosen saat PPA, ia dan teman-temannya mulai mengerti. 

Menurut Shinta, kesulitan dalam membuat PKM adalah pada saat mencari ide, karena harus memutar otak dan mencari solusi untuk sebuah masalah yang nantinya akan diwujudkan penyelesaiannya. “Sebenarnya kami bisa lolos itu lebih ke faktor keberuntungan, soalnya masih banyak yang harus dibenahi dalam proposal PKM kami ini”, kata Sinta. Akan tetapi, faktor keberuntungan bukanlah satu-satunya alasan kenapa PKM yang dibuat sinta dan kawan-kawannya lolos. Faktor lainnya adalah dari ide yang mereka ajukan bersifat multisektoral serta memiliki nilai yang berbobot dan sesuai dengan nalar. Ketika sudah dinyatakan lolos ke DIKTI, Sinta dan kelompoknya saat ini sedang melakukan penelitian lebih lanjut di laboratorium UMS. Mereka sedang melakukan tahapan pembuatan minyak atsiri dari biji adas.

Lain halnya dengan sinta, ada juga beberapa mahasiswa yang ternyata juga mengikuti lomba PKM tersebut. Namun, mereka belum beruntung. Tetapi, di tahun selanjutnya mereka akan mencoba peruntungan tersebut. Karena, menurut kacamata mahasiswa, banyak manfaat dari mengikuti lomba dan membuat PKM ini. Beberapa diantaranya adalah lebih dikenal dan bisa dekat dengan dosen, mengembangkan kemampuan mereka, dan sebagai bonus bila mereka lolos seleksi, mereka akan mendapatkan reward berupa uang untuk mendanai PKM mereka.

Jadi, membuat PKM saat ini sudah menjadi gaya hidup tersendiri bagi sebagian banyak mahasiswa. Meskipun, ada beberapa mahasiswa yang menganggap hanya mahasiswa pintar, rajin, dan cerdas yang dapat membuat PKM. Padahal, hal tersebut sangatlah salah, karena tiap individu pasti bisa membuat PKM, tergantung dari niat dan usaha masing-masing. Oleh karena itu, ayo teman-teman mahasiswa, kita berlomba-lomba meraih prestasi sebanyak mungkin mumpung masih muda. Salah satunya adalah dengan mengikuti PKM. Sudah ada pedomannya dan sudah banyak sekali contohnya, tentunya akan lebih mudah dan tidak perlu pusing-pusing lagi.

Ayoo buat PKM anda sekarang juga :D

Terimakasih telah membaca artikel Buat PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) Sekarang juga, Semoga bermanfaat

(lilla)

0 Response to "Buat PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) mu Sekarang juga"

Post a Comment

Apabila Informasi yang saya sampaikan terdapat kesalahan saya mohon maaf, dan alangkah baiknya jika di sampaikan melalui Komentar dibawah ini. Secepat mungkin akan saya perbaiki :D
"Tak ada mahluk Tuhan yang Sempurna"