Pentingnya Catatan Sekolah/ Kuliah Bagi Pelajar Pentingnya Catatan Sekolah/ Kuliah Bagi Pelajar | Zona Informasi

Pentingnya Catatan Sekolah/ Kuliah Bagi Pelajar

Pentingnya Catatan Sekolah/ Kuliah Bagi Pelajar, Sebagai orang terpelajar sudah sepantasnya kita untuk membiasakan diri kita sedemikian rupa, sehingga dapat menjadi pribadi dan penerus bangsa yang lebih baik. Bukan hanya pelajar, seorang tukang baksopun juga harus memiliki catatan untuk mengidentifikasi ke efektifan tingkat penjualan modal dan lain sebagainya.

Pentingnya Catatan Sekolah/ Kuliah Bagi Pelajar
img:google


Mengapa Catatan sekolah/ kuliah itu penting?. Saya sendiri sudah mengalami hal ini, dan berulang kali, walaupun saya sudah tahu bagaimana akibatnya apabila tidak memiliki catatan, saya pun tetap tidak mencatat, karena mungkin juga kebiasaan dan sifat malas yang masih mendarah daging, ditambah lagi terkendala dengan gangguan pengelihatan (minus). Tapi sebenarnya ini bukan alasan, yang jelas ya malas, dan akhirnya disaat ada tugas kebingungan untuk mengerjakan, contek sana- contek sini... huft

Catatan Sekolah/ Kuliah

Catatan sekolah maupun kuliah, saya sangat menganjurkan untuk memilikinya bagi setiap pelajar, dan membuatnya serapi mungkin, agar saat kita membacanya lagi kita tidak malas dan kesulitan untuk mencari materi yang kita butuhkan. Boleh menuliskan catatan hanya pada selembar kertas akan tetapi anda harus memiliki/ menuliskannya kembali dalam buku (kumpulan kertas), mengapa? ini untuk menghindari hilangnya catatan yang anda miliki.

Pentingnya Catatan Sekolah/ Kuliah

Catatan sekolah ini akan sangat membantu anda untuk mendapatkan nilai yang maksimal didalam kelas, kenapa? karena tidak setiap pembimbing (guru/ dosen) pasti membirikan soal yang telah mereka ajarkan dan jarang seorang guru memberikan soal ujian diluar dari materi yang sudah disampaikan, mungkin dosen juga begitu walaupun tidak semua. Dan dengan mencatat saat pelajaran berlangsung berarti anda juga memiliki semangat belajar yang tinggi.

Cara Membuat Catatan yang Efektif

Untuk membuat catatan yang efektif anda harus belajar terlebih dahulu, yaah semuanya memang butuh belajar. disini saya akan menyampaikan beberapa cara/ tahapan untuk membuat catatan agar efektif :

1. Gunakan kertas buram/ kertas setengah pakai untuk mencatat saat pelajaran berlangsung, (ini saat guru/ dosen sedang menerangkan). Dan apa bila anda menjumpai point penting langsung di tuliskan dalam lembaran kertas tersebut (agar lebih rapi)

2. Bedakan buku A dan B, jangan mencampur adukkan antara pelajaran A dan B dalam satu buku, walaupun materi yang diberikan hanya sedikit. Memang benar hal ini akan lebih ngirit (hemat) tapi tidak effektif untuk belajar anda

3. Buat catatan semenarik mungkin, Untuk membuat menarik catatan anda bisa menggunakan warna, ataupun penempatan penulisan, agar terlihat rapi dan menarik untuk dibaca.

4. Penulisan, Untuk penulisan anda bisa langsung menuliskan materi yang disampaikan apabila materi tersebut memang benar adanya, dan jangan lupa catatan selembar kertas di atas tadi juga di rangkumkan dalam materi yang diajarkan.

Manfaat Catatan Sekolah/ Kuliah

Sangat banyak sekali manfaat dari catatan sekolah/ kuliah bagi kita diantaranya:
1. Membantu kita untuk mencari referensi materi ataupun sebagai acuan kita untuk belajar
2. Belajar untuk memahami dan menulis 
3. Mempermudah kita saat ujian tiba (tidak perlu membaca ber buku- buku)
4. Lebih mudah dipahami
5. Dapat kita baca dimana saja dan kapan saja
6. dan anda sendiri pasti tahu manfaat lainnya :D

Itulah mengapa saya menyampaikan diawal mengenai Pentingnya Catatan Sekolah/ Kuliah Bagi Pelajar, Semoga dapat bermanfaat untuk temen- temen semua. 

(arf)



0 Response to "Pentingnya Catatan Sekolah/ Kuliah Bagi Pelajar"

Post a Comment

Apabila Informasi yang saya sampaikan terdapat kesalahan saya mohon maaf, dan alangkah baiknya jika di sampaikan melalui Komentar dibawah ini. Secepat mungkin akan saya perbaiki :D
"Tak ada mahluk Tuhan yang Sempurna"