Apa Itu Batu Akik? Apa Itu Batu Akik? | Zona Informasi

Apa Itu Batu Akik?

Apa Itu Batu Akik, Batu Akik sekarang bukan hanya disukai oleh orang tua saja, melainkan anak muda masa kini banyak yang memperbincangkan mengenai batu akik, dan rela mengeluarkan biaya yang besar hanya untuk mendapatkan batu akik tersebut.

Batu akik yang belum di olah (mentah)
img:google

Apa Itu Batu Akik?

Batu akik merupakan salah satu batu permata, Batu permata adalah sebuah mineral, batu yang dibentuk dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia yang mempunyai harga jual tinggi, dan diminati oleh para kolektor. Batu permata harus dipoles sebelum dijadikan perhiasan.[wikipedia].

Di indonesia sendiri Batu Akik (istilah lainnya adalah agate stone) atau yang sering disebut sebagai batu bertuah, memiliki makna tersendiri bagi setiap orang. Dan masing-masing orang berbeda dalam mendiskripsikannya. Batu akik merupakan seni mahakarya yang luar biasa, batu ini merupakan seni dari alam yang berupa fosil, dan pembentukan mineral yang berpadu menjadi sebuah batu permata atau batu akik. Batu akik sering digunakan sebagai permata cincin, permata kalung dan disandingkan dengan logam mulia seperti emas dan perak. Batu akik memiliki nilai jual yang tinggi. Masyarakat percaya bahwa batu akik mampu memberikan keuntungan bagi pemakainya. Di pasaran, batu akik yang dipasarkan berupa batu yang berasal dari berbagai negara di penjuru dunia. Ada beragam jenis batu akik di Indonesia yang juga mempunyai nilai jual yang tinggi. Batu permata yang paling diminati oleh masyarakat adalah jenis permata misalnya zamrud, ruby, dan berlian dimana batu-batu ini merupakan batu mulia yang diagungkan.

Macam- Macam Batu Akik dari berbagai sumber

Batu Merah Delima 
Batu Merah Delima merupakan batu akik berasal dari mineral kemudian mineral tersebut dibentuk dari hasil proses geologi, unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia 
Batu Giok 
Hampir semua orang pasti pernah mendengan kata batu giok, apalagi penggemar film kungfu. Batu giok merupakan salah satu jenis batu akik yang merupakan salah satu dari jenis batu permata yang di dalamnya terdiri dari banyak unsur mineral, telah ditemukan dan digunakan oleh bangsa timur selama beribu-ribu tahun lalu. 
Batu Intan 
Intan adalah mineral yang secara kimia merupakan bentuk kristal, atau alotrop, dari karbon. Intan terkenal karena memiliki sifat-sifat fisika istimewa, terutama faktor kekerasannya dan kemampuannya mendispersikan cahaya. Sifat-sifat ini yang membuat intan digunakan dalam perhiasan dan berbagai penerapan di dalam dunia industri. 
Batu Amber 
Batu Amber adalah salah satu jenis batu akik, merupakan resin pohon yang sudah berubah menjadi fosil. Ambar berkualitas bagus digunakan dalam pembuatan barang permata dan ornamen. Meski tidak termineralisasi, ambar sering digolongkan sebagai sebuah batu permata. 
Batu Kecubung 
Batu akik satu ini memiliki nama yang aneh, batu kecubung atau ametis merupakan jenis batuan mineral kuarsa. Batu kecubung biasanya berwarna ungu sampai merah muda, biasanya batu ini disebut juga sebagai batu birthstone 
Batu Onix 
Batu akik satu ini tergolong sebagai bebatuan kuarsa, Batu onix ini memiliki tiga macam jenis yaitu berwarna hitam dan memiliki dasar putih disebut dengan Obix biasa, berwarna merah dan dasarnya putih disebut Onix Karneol, sedangkan berwarna merah tua dengan dasar putih disebut Sardonix 
Zamrud 
Batu akik ini dianggap sebagai batu istimewa, bahkan Indonesia dikatakan sebagai Zamrudnya katulistiwa karena dianggap sebagai negara istimewa karena memiliki banyak hutan. Zamrud merupakan Batu akik mulia berwarna hijau sampai hijau tua. Zamrud termasuk mineral silikat beril, sedangkan warna hijaunya disebabkan oleh kelumit kromium. Kekerasan zamrud termasuk tinggi. Walaupun Indonesia dikatakan sebagai negara zamrud katulistiwa, faktanya penghasil zamrud berkualitas tinggi adalah Kolombia, Siberia, Afrika Selatan, Zimbabwe, Australia, dan Brasil.

Itulah beberapa informasi mengenai Batu akik/ Batu Mulia, yang sekarang ini lagi banyak diperbincangkan oleh kalangan remaja.
(arf)

0 Response to "Apa Itu Batu Akik?"

Post a Comment

Apabila Informasi yang saya sampaikan terdapat kesalahan saya mohon maaf, dan alangkah baiknya jika di sampaikan melalui Komentar dibawah ini. Secepat mungkin akan saya perbaiki :D
"Tak ada mahluk Tuhan yang Sempurna"