Pengalaman Kerja Praktek di Pabrik Staple Fiber Rayon Pengalaman Kerja Praktek di Pabrik Staple Fiber Rayon | Zona Informasi

Pengalaman Kerja Praktek di Pabrik Staple Fiber Rayon

Pengalaman Kerja Praktek di Pabrik Staple Fiber Rayon, Disini saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman saya Kerja Praktek di pabrik Staple Fiber Rayon. Saya yakin temen- temen semua masih awam dan bertanya- tanya produk apa yang di produksi pabrik ini, yah begitu juga dengan saya. Pabrik tempat saya bekerja praktek ini bernama PT. Indo Bharat Rayon, yang memproduksi staple fiber rayon.


PT. Indo Bharat Rayon Produsen Staple Fiber Rayon

Anda tahu pakaian yang anda gunakan, itu berasal dari mana?, mungkin anda akan menjawab dari pabrik tekstil, kalau di solo terkenal ya Sritex, lantas dari mana ia mendapatkan bahan baku untuk membuat pakaian tersebut?. disinilah peranan PT. Indo Bharat Rayon. 

PT. Indo Bharat Rayon ini memproduksi staple fiber rayon yang memiliki fungsi hampir sama dengan kapas, akan tetapi rayon ini memiliki daya serap terhadap air lebih tinggi, jika kita hanya mengandalkan dengan pohon kapas untuk membuat pakaian, apakah hal ini akan mencukupi kebutuhan umat manusia?, pasti tidak bukan. karena pohon kapas butuh waktu untuk tumbuh dan berkembang, serta proses lainnya. sehingga alternatif terbaik untuk dijadikan bahan baku pabrik tekstil seperti sritex ialah serat rayon ini.


Staple Fiber Rayon
Staple Fiber Rayon ini berbahan dasar dari pulp, iya dari bubur kertas yang sudah dihilangkan unsur pengotornya dan bahan ini di import dari kanada, afrika dan swedia. produksi dari PT. Indo Bharat Rayon ini mencapai 550 ton per hari. Selain produk utama disini juga dihasilkan produk samping berupa Natrium sulfat yang di kristalkan, ini produksinya mencapai 400 ton per hari. 
Bayangkan hanya dengan produk samping saja ini sudah cukup untuk menggaji karyawan/ pekerja di PT. Indo Bharat Rayon.

Pengalaman Kerja Praktek di Pabrik Staple Fiber Rayon

Satu bulan sebelum melakukan kerja praktek disini saya dan teman saya melakukan permohonan kerja praktek, dan dari pihak pabrik menerima dengan sangat baik. akhirnya satu bulan kemudian saya melakukan kerja praktek di pabrik ini selama satu bulan tepatnya 01 sampai 31 Maret 2017.

Kerja praktek di sini  mungkin berbeda dengan pabrik lain, karena disini anda dituntut untuk mandiri.

Hari pertama
Saya mendatangi kantor HRD, lalu mengajukan surat pengantar dari kampus serta perlengkapanyang dibutuhkan, karena ada satu persyaratan yang kurang saya harus menunggu hari ke dua untuk bisa memulai kerja praktek. iya saya lupa untuk membuat Surat Asuransi kesehatan, karena pihak pabrik tidak mau menanggung ketika terjadi apa- apa nantinya. lalau harus mengurusnya terlebih dahulu ke kota purwakarta.

Hari kedua
Ini baru bisa memulai untuk masuk ke department. Ceritanya saya mendapat Tugas khusus yang lumayan berat. hihii.. yakni Evaluasi dan Redesign Evaporator. 
Sesampainya di auxillary saya ditanya, mau apa pak?, wiih saya dipanggil pak. oleh se seorang di kantor dan saya langsung menjawab untuk kerja praktek disini, lalu saya diahapkan oleh pak yanto.

berikut percakapan saya dengan pak yanto, tidak sepenuhnya sama loh ya, ada yang ditambah dan dikurangi, tapi kurang lebih seperti ini.

pak yanto ; gimana, kamu disini mau ngapain?
saya ; mau kerja praktek pak 
pak yanto; iya terus gimana?
saya ; dengan wajah bingung dan tidak karuan harus bilang apa. dan seketika terdiam. lalu terlinyas kepikiran dengan tugas khusus yang diberikan oleh dosen, mau mengevaluasi dan redesign evaporator pak
pak yanto; emangnya di sini mau berapa bulan, 5 bulan apa 10 bulan?
saya ; hehe satu bulan pak.
pak yanto ; saya saja yang sudah 17 tahun kerja disini masih belum menguasai sepenuhnya, kamu cuma satu bulan ingin evaluasi dan redesign?, apa tidak kesulitan?
saya ; saya belum tahu juga pak, ini tugas dari dosen soalnya.
pak yanto ; ya udah sana dipelajari dulu, kita pakainya evaporator MSFE multi stage flash evaporator, sudah tahu kan?
saya ; yah sedikit tahu pak.
pak yanto ; ya sudah sama pak carmin dulu ya, kalau saya tidak di kantor sama dia juga sama.
saya ;  iya pak, terimakasih.

disini saya baru menyadari betapa kompleksnya evaporator MSFE ini.
dan yang terpenting pelajaran di waktu perkuliahan disini sangat membantu, jujur saya sendiri ketika di perkuliah tidak begitu tertarik dan kurang memperhatikan ketika dosen menjelaskan. dan akibatnya ketika saya ditanya mengenai berbagai hal terkait materi dasar teknik kimia, serasa tidak tahu apa- apa, dan harus memulai dari awal lagi, mulai belajar lagi, mulai membuka buku lagi. dan kalau anda belum Kerja Praktek, ataupun sudah, saya sarankan untuk tetep semangat belajar, karena ilmu itu pasti akan ada waktu untuk pengaplikasiannya. walaupun tidak sepenuhnya setidaknya itu pasti.

dan disini yang seharusnya menjadi misi untuk mempelajari proses di pabrik, tapi ada misi lain yang menjadi kendala, tapi all is well, semua berjalan dengan baik walaupun tidak bisa maksimal.

hari berikutnya saya keliling pabrik, dan menyelesaikan tugas kusus yang diberikan, walupun akhirnya tugas khusus yang saya kerjakan sangat jauh berbeda dengan apa yang diberikan dosen. Karena memang kapasitas saya yang belum bisa dan memang banyak sekali yang harus di evaluasi, sehinggi pihak pembimbing lapangan mencarikan solusi untuk membuatkan tugas yang baru yang sesuai dengan saya. 

Kerja Praktek di PT. Indo Bharat Rayon

Di PT. Indo Bharat Rayon ini terdapat beberapa departemen, yang terdiri dari departemen utama yakni VISCOSE DEPARTMENT dan SPINNING DEPARTMENT serta  departemen pendukung yakni AUXILLARY DEPARTMENT dan ANCILLARY DEPARTMENT, disini juga ada departemen pendukung lainnya seperti Utilitas, Water Treatment Plant, laboratorium dan lain sebagainya dah banyak kalau disebutin satu persatu.

Saya sendiri masuk di Auxillary Department, yakni proses pendukung dalam pabrik rayon ini, meskipun di proses pendukung, peranan departemen Auxillary ini sangat penting, karena disinilah bahan yang digunakan untuk membuat rayon di regenerasi/ di daur ulang agar dapat digunakan kembali.

Sekilas saya bahas terkait fungsi masing- masing department

1. VISCOSE DEPARTMENT
Di viscose ini merupakan proses awal, dimana bahan baku utama yakni pulp dan soda kausatik atau disini menggunakan NaOH, nah bahan baku tersebut digunakan untuk membuat produk yang akan digunakan untuk dijadikan bahan baku di departemen berikutnya, yakni larutan viscose. untuk proses detailnya tidak saya sampaikan karena memang panjang dan saya kurang memahami. intinya disini larutan viscose yang berwarna kuning keemasan ini di produksi. dan pastinya ada parameter dan ketentuan tersendiri.

2. SPINNING DEPARTMENT
di spinning ini merupakan proses pembuatan staple fiber rayon dimulai dengan mereaksikan larutan viscose dan larutan spinbath, dengan beberapa tahapan proses mulai dari pencampuran larutan tersebut, seleksi, recovery, washing, hingga proses bagging. sehingga terbentuklah staple fiber rayon.

Proses penunjang yang dimana saya mempelajari dengan seksama dan tugas khusus pun diberikan oleh dosen pembimbing. 

Yup. langsung ke Auxillary department.
Di Auxillary ini saya mempelajari tentang proses evaporasi, pengkristalan dan kalsinasi. dan saya di fokuskan ke bagian evaporasi. Evaporator yang digunakan disini adalah MSFE, yakni terjadi penguapan bertahap, serta terjadi dengan cepat/flash. 

fungsi evaporator disini untuk menguapkan air yang terdapat pada spinbath, agar spinbath dapat digunakan di departement spinning, MSFE disini mengunakan 1 heater, 11 preheater dan 14 vessel, di vessel inilah terjadi penguapan secara cepat/flash. sehingga dinamakan Multi stage flash evaporator. sedangkan heater yang digunakan adalah sigri heater.

Banyak sebenarnya yang harus disampaikan tapi saya cukupkan sampai disini dulu, nanti dilanjut di next story, yah mungkin untuk sekarang ini dulu cerita saya  terkait dengan Pengalaman Kerja Praktek di Pabrik Staple Fiber Rayon, semoga dapat menjadi pengetahuan baru buat anda dan bisa menjadi referensi untuk kerja praktek.

Terimakasih sudah berkunjung di arifvista.com

0 Response to "Pengalaman Kerja Praktek di Pabrik Staple Fiber Rayon"

Post a Comment

Apabila Informasi yang saya sampaikan terdapat kesalahan saya mohon maaf, dan alangkah baiknya jika di sampaikan melalui Komentar dibawah ini. Secepat mungkin akan saya perbaiki :D
"Tak ada mahluk Tuhan yang Sempurna"