Pengenalan Perpindahan Panas Teknik Kimia Pengenalan Perpindahan Panas Teknik Kimia | Zona Informasi

Pengenalan Perpindahan Panas Teknik Kimia

Pengenalan Perpindahan Panas Teknik Kimia, Mungkin temen- temen sudah pernah mempelajari perpindahan panas ataupun perpindahan kalor di masa SMA dulu, di perkuliahan bidang teknik kimia ini ada juga yang namanya perpindahan panas Konveksi dan Konduksi. sebenarnya bukan hanya itu saja sih panas bisa berpindah, bisa juga dengan radiasi dan adveksi.


Pengenalan Perpindahan Panas Teknik Kimia

Panas dapat berpindah dikarenakan adanya perbedaan suhu, yakni dari suhu tinggi ke suhu yang lebih rendah. hal ini bisa kita buktikan pada tubuh kita sendiri.
Perpindahan panas itu dipengaruhi oleh luas permukaan media dan juga bahannya, dan semakin besar ataupun luas media yang digunakan maka akan semakin cepat panas tersebut itu akan menghilang.
contoh saja ketika kita minum kopi, agar kopi tersebut bisa langsung diminum biasanya ada bapak- bapak yang menuangkan kopi tersebut ke dalam mangkuk(alas buat gelas kopi) agar cepat bisa di minum. naah hal ini sudah menggunakan prinsip teknik kimia... dan apakah hal tersebut bapak tadi menyadari?? belum tentu kawan, karena hal tersebut merupakan kebiasaan. yaah kebiasaan bapak tadi jika minum kopi di tuang ke mangkuk lebih enak, karena bisa cepat merasakan nikmatnya kopi.

dikehidupan sehari- haris perpindahan panas seringkali terjadi di lingkungan kita apa saja contohnya?

Perpindahan Panas Di lingkungan kita

1. dilapisi dengan Isolasi
tahukah anda? bahwa agar panas itu tidak menghilang ataupun lebih lama bertahan kita gunakan isolasi yaaap..
tapi bukan isolasi yang itu yaa... bahan yang bersifat isolatif sukar menghantarkan panas.
contoh saja saat kita mau menyimpan panas agar ketika mau buat kopi apa nyeduh mie instant nggak kelamaan masak air panas dulu.. naah biasanya kita gunakan alat yang namanya termos.. yaah bisa juga termos es.
jadi cara kerja termos ini menggunakan prinsip perpindahan panas juga, karena panas yang didalam tidak bisa keluar (yang keluar hanya sedikit sekali), sehingga air panas didalam termos tersebut dapat bertahan lama.

2.  Menjemur pakaian
Mengapa pakaian bisa kering? dan kemana airnya kok tidak ada...?
Ini merupakan perpindahan panas dengan cara radiasi, yaap radiasi matahari. dengan adanya radiasi panas matahari dapat mempercepat proses pengeringan baju yang kita cuci, dan walaupun tidak ada panas matahari masih bisa kering. karena air yang ada pada pakaian menguap jadilah pakaiannya kering 

3. Tubuh kita (manusia)
didalam tubuh kita sendiri juga terjadi perpindahan panas hloo...
tahu nggak kenapa kalau kedinginan itu pake jaket? mungkin kebanyakan yang bilang karena dengan pake jaket tambah anget, ataupun ada yang bilang dulu waktu masih kecil ibu sering bilang kalau kedinginan pakai jaket. yaah itu secara kebiasaan memang benar, akan tetapi sebenarnya yang terjadi adalah jaket tersebut menghalangi keluarnya panas tubuh kita ke lingkungan sehingga panas tubuh kita tetap berada di sekitar kulit kita sehingga kita merasakan kehangatan :D

Yaah itu dulu saja pengenalan dasar perpindahan panas teknik kimia, nanti ada juga perpindahan panas secara satu arah dan  berbagai arah, ada juga perpindahan panas steady state dan unsteady sate :)

terimakasih sudah berkunjung.

0 Response to "Pengenalan Perpindahan Panas Teknik Kimia"

Post a Comment

Apabila Informasi yang saya sampaikan terdapat kesalahan saya mohon maaf, dan alangkah baiknya jika di sampaikan melalui Komentar dibawah ini. Secepat mungkin akan saya perbaiki :D
"Tak ada mahluk Tuhan yang Sempurna"